'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

PERJALANAN TB CARE 'AISYIYAH KDP BALIKPAPAN
Home » SSR TB-Care 'AISYIYAH GF-ATM

Team TB Care 'Aisyiyah KDP Kota Balikpapan,

Januari 2017, kader SSR TB Care 'Aisyiyah 48 orang terbentuk, mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat bukan pekerjaan yang mudah, menyammpaikan betapa berbahayanya bakteri kuman TB itu penuh perjuangan, begitu beragam pengalaman para kader dalam menjalankan tugas mulia ini, dengan niat memutus tali rantai penularan. Ingin menolong , mereka malah diusir, disangka peminta sumbangan, ditemui anjing penunggu rumah , ditutupi pintu,,, Namun Subhannalloh, mereka tidak putus asa, pntang mundur, karna niat sudah ditanamkan oleh tokoh - tokoh 'Aisyiyah pada saat mereka mendapat pelatihan, Jika menolong satu orang maka sama dengan menolong semua orang, balasannya syurga. menjadi manusia bermanfaat, hidup penuh berkah.

Ya tentu saja, jika 1 orang penderita TB dapat menularkan antara 10 sampai dengan 15 orang yang ada disekitarnya, tak bisa terbayangkan berapa banyak yang akan tertular jika tidak segera diobati. Perjuangan belum selesai tidak terasa sudah hampir 1 tahun keberadaan TB Care 'Aisyiyah di Kota Balikpapan. sampai saat ini bulan september 2017 sudah lebih dari 458 orang yang sudah berhasil di skrining dengan hasil 77 TB Positif dan 44 HIV Positif, perjalanan masih panjang, hidup itu dinamis terus bergerak, menjadikan masyarakat berdaya dalam penanggulangan TB, ini kerja bersama, kepedulian bersama membebaskan indonesia dari TB pada Umumnya dan kota Balikpapan pada khususnya di 2035 bersama dinas Kesehatan terutama para pemangku kebijakan(stakeholders) dapat terbentuk KMP TB ( Kelompok Masyarakat Peduli - TB ).

Dalam waktu dekat kami akan melaksanakan Pelatihan Communication and Advocation for CSO/NGO, besar harapan Pemerintah kota akan mendukung kerja team ini, karena dukungan yang nyata dengan mempermudah penyebaran informasi atau pun bisa sampai keluar nya perwali, pemberantasan dapat lebih mudah, karena menjadi suatu kewajiban untuk diskrining jika disekitarnya ada 1 orang saja yang terdeteksi TB Positif.

Karena TB dapat disembuhkan, jika mau berobat secara teratur ke Puskesmas dan GRATIS. Dukungan masyarakat sekitar sangat membantu, JANGAN KUCILKAN mereka, bantulah mereka agar mau ke Puskesmas atau Hubungi kami, kami siap membantu.

#TOSSTB

Shared Post: